Specialized Cloud Mechanism




Pengertian Cloud Computing, Cara Kerja dan Jenis Layanannya - Robicomp
Failover

Failover adalah mode operasional cadangan di mana fungsi komponen sistem (seperti prosesor, server, jaringan, atau database, misalnya) diasumsikan oleh komponen sistem sekunder ketika komponen utama menjadi tidak tersedia baik melalui kegagalan atau down time terjadwal. Digunakan untuk membuat sistem lebih toleran terhadap kesalahan, failover biasanya merupakan bagian integral dari sistem mission-critical yang harus selalu tersedia. Prosedur ini melibatkan pemindahan tugas secara otomatis ke komponen sistem siaga sehingga prosedurnya semudah mungkin bagi pengguna akhir. Failover dapat berlaku untuk semua aspek sistem: di dalam komputer pribadi, misalnya, failover mungkin merupakan mekanisme untuk melindungi prosesor yang gagal; dalam jaringan, failover dapat diterapkan ke komponen jaringan atau sistem komponen apa pun, seperti jalur koneksi , perangkat penyimpanan, atau server Web.

Hypervisor

Hypervisor adalah sebuah teknik virtualisasi yang memungkinkan beberapa operating system untuk berjalan bersamaan pada sebuah host. Dikatakan teknik virtualisasi karena OS yang ada bukanlah sebuah OS yang sesungguhnya, hanya sebuah virtual machine saja. Tugas dari hypervisor adalah untuk mengatur setiap operating system tersebut sesuai dengan gilirannya agar tidak mengganggu satu dengan yang lainnya. Terkadang, hypervisor juga disebut sebagai Virtual Machine Management (VMM), sesuai dengan tugasnya dalam mengatur beberapa virtual machine.

Pada setiap jenis komputer, seperti cluster computing, grid computing, PC ataupun mainframe, memiliki OS yang berbeda satu sama lain karena memiliki sistem yang juga berbeda. Setiap OS tersebut di desain sesuai dengan kebutuhan dari sistem masing masing. Untuk Hypervisor sendiri, didesain lebih mirip OS untuk mainframe dari pada Windows OS. Hal ini dikarenakan sebuah hypervisor, harus bisa mengatur beberapa sistem sekaligus, layaknya sebuah host melayani beberapa client pada mainframe.

Pada cloud computing, bukan hanya satu sistem saja yang harus diatur.Maka dari itu digunakanlah sebuah Hypervisor sebagai OS dari cloud computing. Hypervisor bertugas untuk mengatur beberapa virtual machine ini sehingga nantinya sebuah cloud computing bisa berjalan dengan baik.

Resource cluster

Arsitektur cluster sumber daya bergantung pada koneksi jaringan khusus berkecepatan tinggi, atau node cluster, antara instance sumber daya TI untuk berkomunikasi tentang distribusi beban kerja, penjadwalan tugas, berbagi data, dan sinkronisasi sistem. Platform manajemen cluster yang dijalankan sebagai middleware terdistribusi di semua node cluster biasanya bertanggung jawab untuk aktivitas ini. Platform ini mengimplementasikan fungsi koordinasi yang memungkinkan sumber daya TI terdistribusi muncul sebagai satu sumber daya TI, dan juga mengeksekusi sumber daya TI di dalam kluster.

Jenis kluster sumber daya umum meliputi:
  • Cluster Server - Server fisik atau virtual dikelompokkan untuk meningkatkan kinerja dan ketersediaan. Hypervisor yang berjalan pada server fisik yang berbeda dapat dikonfigurasikan untuk berbagi status eksekusi server virtual (seperti halaman memori dan status register prosesor) untuk membuat server virtual cluster. Dalam konfigurasi seperti itu, yang biasanya memerlukan server fisik untuk memiliki akses ke penyimpanan bersama, server virtual dapat melakukan migrasi langsung dari satu ke yang lain. Dalam proses ini, platform virtualisasi menunda eksekusi server virtual yang diberikan pada satu server fisik dan melanjutkannya di server fisik lain. Proses ini transparan untuk sistem operasi server virtual dan dapat digunakan untuk meningkatkan skalabilitas dengan melakukan migrasi langsung server virtual yang berjalan di server fisik yang kelebihan beban ke server fisik lain yang memiliki kapasitas yang sesuai.
  • Database Cluster - Dirancang untuk meningkatkan ketersediaan data, cluster sumber daya ketersediaan tinggi ini memiliki fitur sinkronisasi yang menjaga konsistensi data yang disimpan di berbagai perangkat penyimpanan yang digunakan dalam cluster. Kapasitas redundan biasanya didasarkan pada sistem failover aktif-aktif atau aktif-pasif yang berkomitmen untuk mempertahankan kondisi sinkronisasi.
  • Cluster Dataset Besar - Partisi dan distribusi data diimplementasikan sehingga dataset target dapat dipartisi secara efisien tanpa mengorbankan integritas data atau akurasi komputasi. Setiap node cluster memproses beban kerja tanpa berkomunikasi dengan node lain sebanyak dalam tipe cluster lainnya

Multi-device broker

Multi-device Broker adalah entitas yang mengelola penggunaan, kinerja, dan pengiriman layanan cloud, dan menegosiasikan hubungan antara penyedia cloud dan konsumen cloud. Seiring berkembangnya komputasi awan , integrasi layanan cloud mungkin terlalu kompleks untuk dikelola sendiri oleh konsumen cloud.

Mekanisme pialang multi-perangkat digunakan untuk memfasilitasi transformasi data runtime sehingga membuat layanan cloud dapat diakses oleh berbagai program dan perangkat konsumen layanan cloud.
 
multi-perangkat umumnya ada sebagai atau memasukkan komponen gateway, seperti:
  • XML Gateway - mentransmisikan dan memvalidasi data XML
  • Cloud Storage Gateway - mengubah protokol penyimpanan cloud dan mengkodekan perangkat penyimpanan untuk memfasilitasi transfer dan penyimpanan data
  • Gateway Perangkat Seluler - mengubah protokol komunikasi yang digunakan oleh perangkat seluler

Level-level di mana logika transformasi dapat dibuat meliputi:
  • protokol transportasi
  • protokol pengiriman pesan
  • protokol perangkat penyimpanan
  • skema data / model data 

State Management Database

State Management Database adalah perangkat penyimpanan yang digunakan untuk sementara mempertahankan data status untuk program perangkat lunak. Sebagai alternatif untuk caching data keadaan dalam memori, program perangkat lunak dapat membongkar data keadaan ke database untuk mengurangi jumlah memori run-time yang mereka konsumsi. Dengan demikian, program perangkat lunak dan infrastruktur di sekitarnya lebih terukur. Basis data manajemen negara umumnya digunakan oleh layanan cloud, terutama yang terlibat dalam aktivitas runtime yang berjalan lama.



Posting Komentar

0 Komentar